Delegation Event Model
Delegasi event model menguraikan bagaimana program yang dibuat dapat merespon interaksi dari user. Berikut ini ada tiga komponen utamanya:
1. Event Source, mengacu pada komponen GUI yang meng-generate event. Sebagai contoh, jika user menekan tombol, event source dalam hal ini adalah tombol.
2. Event Listener/Handler, menerima berita dari event-event dan proses-proses interaksi user. Ketika tombol ditekan, listener akan mengendalikan dengan menampilkan sebuah informasi yang berguna untuk user.
3. Event Object, ketika sebuah event terjadi (misal, ketika user berinteraksi dengan komponen GUI), sebuah object event diciptakan. Object berisi semua informasi yang perlu tentang event yang telah terjad.
Registrasi Listeners
Event source mendaftarkan sebuah listener melalui method add<Type>Listener.
void add<Type>Listener(<Type>Listener listenerObj)
<Type> tergantung pada tipe dari event source. Dapat berupa Key, Mouse, Focus, Compo UInent, Action dan lainnya.
Listener yang telah teregistrasi dapat juga tidak diregistrasikan lagi menggunakan method remove<Type>Listener.
void remove<Type>Listener(<Type>Listener listenerObj)
Class-Class Event
Sebuah event object mempunyai sebuah class event sebagai tipe data acuannya. Akar dari hirarki class event adalah class EventObject, yang dapat ditemukan pada paket java.util. Immediate subclass dari class EventObject adalah class AWTEvent. Class AWTEvent didefinisikan pada paket java.awt. Itu merupakan akar dari semua AWT-based events.
Berikut ini beberapa dari class-class AWT event.
Event Listeners
Event listeners adalah class yang mengimplementasikan interfaces <Type>Listener. Tabel di bawah menunjukkan beberapa listener interfaces yang biasanya digunakan.
Interface ActionListener hanya terdiri dari satu method.
3. Method-Method MouseMotionListener
MouseMotionListener mempunyai dua method untuk diimplementasikan.
4. Method-Method WindowListener
Di bawah ini method-method dari interface WindowListener.
Pengambilan Nilai Pada Swing
Di sini saya akan membuat program sederhana bagaimana cara pengambilan nilai pada swing.
Langkah-langkah yang dilakukan untuk membuat program di atas sebagai berikut:
1. Pertama membuat project seperti biasanya
2. Kemudian membuat JFrame dengan cara klik kanan pada project yang sudah dibuat, lalu pilih new – Jframe Form – Isikan nama class – klik finish
3. Buat tampilan form, caranya dengan klik Jendela Pallete di sebelah kanan untuk memilih komponen apa yang akan dibuat, kemudian klik di jendela Design untuk menempatkan komponen yang sudah dipilih tadi ke dalam form. Hasilnya terlihat seperti pada gambar di bawah ini:
Note:
- JLabel dan JTextField mempunyai method getText dan setText untuk mengambil dan mengeset text yang ditampilkan.
- Yang berwarna hijau adalah nama variabelnya ...
Sumber:
https://ratnokustiawan.wordpress.com/2011/01/22/gui-event-handling/
0 Comments: